khas kopi Layak Jawa Barat Anda Coba

Posted by

Kembali ketika dijajah oleh Belanda, kopi Jawa Barat primandona. Kopi menjadi komoditas ekspor terbesar ke Belanda. Bahkan, alasan pembangunan Kota Bandung dengan bupati ketika Wiranatakusumah II adalah karena kehadiran kopi.

Tapi sayangnya banyak wabah irisan daun tanaman kopi yang mati dan Jawa Barat adalah wilayah paling parah terkena epidemi. Meskipun itu mendung tapi kopi di Jawa Barat saat ini mulai menggeliat.

khas kopi Layak Jawa Barat Anda Coba
khas kopi Layak Jawa Barat Anda Coba

khas kopi Layak Jawa Barat Anda Coba

Kemudian, setiap jenis jenis kopi yang berasal dari Barat Jaw? Berikut adalah delapan spesies Jawa Barat kopi yang layak Anda coba!

1. Kopi Ciwidey

Kopi pertama, yang harus Anda coba adalah kopi Ciwidey, kopi ini memiliki rasa buah. Kopi pernah menjadi kopi termahal di lelang kopi di Amerika Serikat dengan harga Rp 2 juta per kilogram.

2. Kopi Palasari

kopi ini berasal dari Desa Cilengkrang Kab Bandung. Meskipun tidak banyak tahu, tapi banyak yang mengatakan kopi ini memiliki rasa yang mirip dengan jenis kopi Preanger tapi tidak terlalu asam.

3. Kopi Samarang

Banyak untuk meninjau masalah ini tapi kopi ini adalah kopi yang dicampur dengan vetiver. Sehingga jenis kopi kopi dan rempah-rempah. Kopi ini akan Anda dapatkan ketika Anda mengunjungi desa wisata Ciburial, Garut.

4. Kopi Gunung Puntang

Nama mungkin sedikit asing di telinga kita, tetapi hanya jika Anda tahu asal-usul kopi Gunung Puntang pernah menjadi juara Asosiasi Kopi Spesial Of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat pada tahun 2016 lalu.

5. Kopi Cikuray

mendaki gunung Cikuray dikenal sebagai tempat yang menyenangkan dan menarik tetapi bagaimana jika itu juga menghasilkan gunung biji kopi yang enggak kurang enak daripada kopi biasa Anda minum. Yup, dia Cikuray kopi gunung. Kopi ini berasal dari Cikuray gunung, Garut. Rasanya tidak ada sensasi jeruk asam dan tekstur yang lembut.

6. Kopi Gunung Halu

Meskipun itu adalah alien tapi kualitas kopi dari daerah diklasifikasikan sebagai kelas A. Masih Arabica dan seperti kebanyakan kopi lainnya Preanger Jawa, ia memiliki karakteristik buah rasa khusus. Kopi ini telah diekspor ke Maroko.

7. Kopi Malabar

Malabar kopi atau kopi Pangalengan kopi Malabar dibawa dari India oleh Hindia Belanda. Kopi sudah sangat populer di kalangan Java Preanger salinan dari orang lain.

8. Kopi Papandayan

Kopi dari daerah ini adalah kopi kacang kuning. Yup biasanya kita tahu bahwa kopi kacang hitam atau hijau, tetapi kuning ketika apa rasanya ya? Jangan khawatir tidak kurang enak daripada kopi biasa bukan semacam ini didambakan oleh pembeli asing.

Nah, itulah delapan biji kopi dari Jawa Barat. Sekitar mana yang akan menjadi pilihan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *