Kopi termahal di dunia, Pening Buat harga!

Posted by

Sekarang keberadaan kopi tidak lagi dianggap sebagai jenis minuman. Kegiatan minum kopi telah bergabung ke dalam kebutuhan, tradisi, gaya hidup, budaya. Lebih dari 70 negara di dunia yang telah dibudidayakan tanaman kopi, yang membuktikan animo masyarakat yang tinggi dalam minuman pahit.

Bahkan kopi memiliki perayaan sendiri, hari kopi yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober, hari ini. kopi Ore memiliki banyak jenis. Di setiap wilayah dalam satu negara bisa memiliki rasa yang jelas berbeda.

Kopi termahal di dunia, Pening Buat harga!
Kopi termahal di dunia, Pening Buat harga!

 Kopi termahal di dunia, Pening Buat harga!

Dari sekian banyak varian bijih, kopi, seleksi, harga sejumlah besar fantastis. Sepuluh dari mereka di bawah dalam daftar kopi paling mahal di dunia. Dengar, yuk!

1. Finca El Injerto kopi, Rp372 ribu

kopi Finca El Injerto diambil dari spesies langka biji kopi Bourbon tumbuh pada ketinggian 1.500-1.900 di atas permukaan laut dan 100 persen biji kopi Arabika. Karena kelangkaan dan kualitas, kopi dari Guatemala varian pernah harga tertinggi sekitar 500 dolar per pon (453 gram), atau sekitar Rp7,4 juta pada tahun 2012.

Kopi kini dijual dengan kisaran harga Rp372 ribu per 250 gram, tergantung pada variasi. Finca El Injerto kopi memiliki aroma yang khas didominasi oleh bunga harum dan rempah-rempah, tetapi ada juga rasa hazelnut intens dan cokelat ketika mabuk.

2. Darah Hitam dari Bumi, Rp596 ribu

Kopi diperkirakan memiliki 20-40 kali lebih banyak kafein daripada kopi biasa. Philip Broughton, penemu, mengambil biji kopi dari Afrika dan Ethiopia daerah lembah yang karakter cenderung berminyak. Darah Hitam Bumi diperlakukan dengan teknik ekstraksi dingin vakum, menghasilkan kafein yang lebih tinggi, tetapi kurangnya asam.

Kopi dijual dalam botol berbagai ukuran untuk antara 40-50 dolar, atau sekitar Rp596 ribu per botol. Uniknya, ia sering berkolaborasi dengan artis internasional untuk merancang gambar pada botol.

3. El Salvador Los Planes, Rp596 ribu

El Salvador Los Planes sering memenangkan penghargaan bergengsi, salah satu “Cup of Excellence Award” sebagai biji kopi terbaik di dunia. Tidak heran bahwa harga cukup tinggi, sekitar Rp596 ribu per pon.

Kopi ini memiliki karakteristik yang unik, tergantung pada tingkat memanggang. Bijih menengah-panggang yang dominan akan merasa lebih gila dan lembut. Sementara itu, bijih deep-roasted didominasi blackcurrent aroma campuran, tan, dan gula merah.

4. Hawaii Kona Coffee, Rp760 ribu

Hawaii Kona Coffee memanfaatkan salah satu dari biji kopi paling langka di dunia yang hanya tumbuh di pulau Hawaii. Itu sebabnya harga kopi yang sangat tinggi, mencapai sekitar Rp760 ribu per pon.

Bukan produsen jarang menggunakan hanya 10 persen biji kopi Kona dan 90 persen sisanya dicampur dengan biji kopi yang diimpor atau lokal. Kopi biasanya campuran lebih murah, sekitar Rp 300-Rp400 ribu.

5. Fazenda Santa Ines Coffee, Rp745 ribu

kopi Brazil terkenal dengan rasa yang unik, karena manis yang dominan dengan aroma buah yang kuat. biji kopi Fazenda Santa Ines datang dari kaki Gunung Mantiquera, Brasil. Kopi secara tradisional diolah dilaporkan memiliki lebih dari 100 tahun yang lalu.

6. Jamaican Blue Mountain Coffee, Rp754 ribu

Biji kopi yang tumbuh di Blue Mountain, Jamaika, tepatnya di ketinggian 5.000 kaki. Jamaican Blue Mountain Coffee sangat populer di Jepang, karena lembut dan tidak terlalu pahit.

Jepang juga merupakan negara terbesar mengimpor jenis kopi, bahkan beberapa produk hanya melayangi ekspor ke Negeri Sakura saja. Untuk satu kolam nya, bijih, kopi, harga sekitar 50 dolar atau Rp754 ribu.

7. St Helena, Rp1,1 juta

St Helena adalah sebuah pulau yang terletak di tengah Samudra Atlantik. Selain pemandangan alam yang eksotis, St Helena terkenal untuk budidaya bijih kopi yang hanya bisa tumbuh di sana. biaya transportasi juga membuat harga kopi lebih mahal, yaitu sekitar Rp 1,1 juta per pon.

8. kopi luwak, Rp2,4 juta

Kopi Luwak dinobatkan sebagai kopi termahal di dunia, yang rata-rata harga mulai di Rp2,4 juta! Sesuai namanya, musang berkontribusi pada proses pengobatan.

biji kopi yang tertinggi seleksi kualitas dimakan luwak akan menjalani proses pencernaan di dalam perut selama 24 jam, sebelum bijih keluar melalui feses. Selanjutnya, kopi dibersihkan, dikeringkan, dan diproses lebih lanjut untuk dikemas layak.

9. Hacienda la Esmeralda Geisha Coffee, 5,2 juta

produksi geisha kopi terletak Hacienda la Esmeralda Boquete, Panama, memiliki harga yang cukup fantastis. Biji kopi yang pernah terjual hingga 8,9 juta per pon, serta kopi yang paling mahal yang pernah di Panama. Bijih Hacienda la Esmeralda Geisha kopi tumbuh di Volcan Baru, yang merupakan gunung tertinggi di Panama.

10. Hitam Gading Coffee, Rp7,4 juta

Status kopi yang paling mahal di dunia jatuh pada Hitam Gading Coffee berasal dari Thailand Utara. Harga satu pon bijih kopi bisa mencapai Rp7,4 juta! Secara teknis, pengolahan kopi adalah sama seperti kopi luwak, hanya Hitam Gading kopi dicerna di dalam perut gajah.

Buah dari tanaman kopi yang dimakan gajah akan dicerna dalam waktu sekitar 20-72 jam sebelum pergi keluar dalam bentuk feses. Kepahitan akan sangat berkurang, karena proses fermentasi dan pencampuran protein dalam sistem pencernaan gajah.

Pendiri Hitam Gading Coffee Company Ltd membutuhkan waktu 10 tahun untuk meningkatkan kopi olahan. Selain itu, produksi massal yang tidak dapat menjadi salah satu faktor mengapa harga sangat tinggi. Bayangkan, 33 kilogram buah kopi yang dimakan oleh gajah hanya menghasilkan sekitar satu kilogram biji kopi. Tidak heran itu mahal …

Ada yang sudah pernah mencoba salah satu kopi paling mahal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *